SELAMAT DATANG DI PONDOK PESANTREN DIGITAL ULUMUNA F Silabus Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan | PUSTAKA ULUMUNA >

FIQIH

Diberdayakan oleh Blogger.

Silabus Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan

SILABUS
Perguruan Tinggi                     : STAIBN Tegal
Jurusan                                    : Tarbiyah
Program Studi                         : PAI
Nama Mata Kuliah                  : Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan
SKS                                         : 2
Semester                                  : Tujuh
Dosen Pengampu                    : Mokhamad Miptakhul Ulum, M.Pd.I

A.    Deskripsi Mata Kuliah
Pendidikan adalah upaya sistematis untuk membantu anak agar tumbuh dan berkembang dalam mengaktualisasikan potensinya. Setiap anak yang tumbuh dewasa mempunyai kekuatan untuk merubah keadaan masyarakat yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip atau norma-norma pendidikan. Oleh karena itu tidak ada yang bisa mengatasi masalah-masalah dalam lingkungan pendidikan kecuali dengan pendidikan itu sendiri.
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang diberikan kepada mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi Islam. Sesuai dengan namanya bahwa acuan mata kuliah ini adalah pendidikan dan diperkaya dengan wawasan isu-isu kontemporer yang terjadi pada masa kini. Untuk mempertajam analisa dan cakrawala pengetahuan, maka setiap mahasiswa dituntut membuat makalah dan ditampilkan dalam sesi diskusi.

B.     Kompetensi Mata Kuliah
Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi:
1.      Mampu menguasai teori-teori dan konsep-konsep untuk mengatasi masalah isu-isu kontemporer dalam pendidikan secara komprehensif.
2.      Mampu menggali wacana kritis mengenai isu-isu kontemporer dalam pendidikan
3.      Mengintegrasikan wacana isu-isu kontemporer dalam pendidikan dengan kajian Islam
4.      Membentuk kecakapan partisipatif mahasiswa yang bermutu dan bertanggung jawab dalam mengkontekstualisasi pendidikan
5.      Membentuk pola pikir mahasiswa yang kritis, dinamis dan empiris.

C.    Strategi Pembelajaran
Kegiatan perkuliahan mata kuliah isu-isu kontemporer dalam pendidikan akan dilaksanakan menggunakan beberapa metode pembelajaran dengan memanfaatkan media yang ada, termasuk tugas-tugas mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan presentasi materi secukupnya, yaitu dosen menjelaskan materi perkuliahan kepada mahasiswa. Penjelasan dosen dalam presentasi materi dengan statemen-statemen yang menggugah kepada interaktif, sehingga mahasiswa bersikap aktif.
-          Metode yang digunakan dalam pembelajaran:
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Presentasi Makalah
4.      Riset literature
5.      Riset lapangan
-          Media yang digunakan dalam pembelajaran:
1.      Papan tulis,
2.      Alat tulis,
3.      Naskah dll

D.    Referensi
1.      Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Jogjakarta, Gigraf Publishing, 2000
2.      Abdul Wahid, Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam, Semarang, Need’s Press, 2008
3.      Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jaakarta, Raja Grafindo Persada, 2009
4.      Abdul Majid dan Andayani, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung Insan Cita Utama, 2010
5.      Hasbullah, Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2006
6.      Mohammad Tidjani Djauhari, Masa Depan Pesantren: Agenda yang Belum Terselesaikan, Jakarta, TAJ Publishing, 2008
7.      Ahmad Baedowi, Potret Pendidikan Kita, Jakarta, Pustaka Alvabet, 2015
8.      Sumardiono, Home Schooling Lompatan Cara Belajar, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2007
9.      Syaefuddin Saud, Pengembangan Profesi Guru, Bandung, Alfabeta, 2011
10.  Ara Hidayat, Pengelolaan Pendidikan, Bandung, Pustaka Educa, 2010
11.  Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas, Jakarta, LP3S, 1972
12.  Robert Klitgaard, Membasmi Korupsi, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2005
13.  Abudin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, Grasindo, 2001
14.  Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam,  Bandung, Remaja Rosda Karya, 2011


E.     Penilaian

No.
Jenis Tagihan
Bobot
1
Kehadiran dan partisipasi
20
2
Tugas-tugas
20
3
Ujian Tengah Semester
25
4
Ujian Akhir Semester
35
Jumlah
100%

1.      Kehadiran dan Partisipasi
Kehadiran mahasiswa adalah wajib dalam setiap pertemuan. Kegiatan perkuliahan tanpa kehadiran mahasiswa, tidak akan berjalan kegiatan belajar mengajar secara aktif. Penilaian tambahan akan diberikan kepada mahasiswa yang aktif dalam berpartisipasi seperti bertanya, menjawab dan menyanggah pertanyaan dalam diskusi.

2.      Tugas-tugas
Mahasiswa wajib mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah ini.

3.      Ujian Tengah Semester / Ujian Akhir Semester
Ini adalah penilaian standar yang diterapkan pada hampir setiap mata kuliah. Untuk mendapatkan nilai akhir, mahasiswa wajib mengikuti ujian tengah semester dan akhir semester yang sudah dijadwalkan. Bagi mahasiswa yang berhalangan mengikuti ujian, wajib memberikan pemberitahuan sebelum kegiatan ujian berlangsung selambat-lambatnya satu hari sebelum ujian, jika tidak maka tidak akan diberikan ujian susulan/tugas pengganti. Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75% tidak diperkenankan mengikuti UTS dan UAS.

F.     Kegiatan Perkuliahan

Tatap Muka
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Referensi
1
Mahasiswa memahami dan menyepakati:
1.      Tujuan Perkuliahan
2.      Tugas-tugas
3.      Kriteria Penilaian
4.      Persyaratan mengikuti perkuliahan
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan mata kuliah isu-isu kontemporer dalam pendidikan
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan urgensi mata kuliah isu-isu kontemporer dalam pendidikan
Pengantar, orientasi perkuliahan Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan, kontrak belajar, Silabus dan SAP.
Perkenalan dan sharing pengalaman

2
Mahasiswa mampu memahami problematika pendidikan Islam di era global
Mendeskripsikan problematika pendidikan Islam di era global
Problematika pendidikan Islam di era global

Ceramah, presentasi makalah, Tanya jawab
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan
3
Mahasiswa mampu memahami pendidikan Islam berbasis pluralisme
Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan Islam berbasis pluralisme
Pendidikan islam berbasis pluralisme
Ceramah, Presentasi makalah, tanya jawab
Abdul Wahid, Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam
4
Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter perspektif Islam
Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan karakter perspektif Islam
Pendidikan karakter perspektif Islam
Ceramah, Presentasi makalah, tanya jawab, riset literature
Abdul Majid dan Andayani, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam,
5
Mahasiswa mampu memahami Kajian Kritis Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional

Mahasiswa mampu mengkritisi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional

Kajian Kritis Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional

Ceramah, Presentasi makalah, tanya jawab,
Hasbullah, Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
6
Mahasiswa mampu memahami Pesantren dan Madrasah di Era global
Mahasiswa mampu menjelaskan Pesantren dan Madrasah di Era global
Pesantren dan Madrasah di Era global

Ceramah, Presentasi makalah, tanya jawab,
Mohammad Tidjani Djauhari, Masa Depan Pesantren: Agenda yang Belum Terselesaikan
7
Mahasiswa mampu memahami Fenomena home schooling

Mahasiswa mampu memahami Fenomena home schooling


Fenomena home schooling

Ceramah, Presentasi makalah,  Tanya jawab
Sumardiono, Home Schooling Lompatan Cara Belajar
8
UTS
9
Mahasiswa mampu mengidentifikasi Kekerasan dalam Pendidikan
Mahasiswa mampu menjelaskan Kekerasan dalam Pendidikan
Kekerasan dalam Pendidikan
Ceramah,
Presentasi makalah dan Tanya jawab, riset lapangan
Ahmad Baedowi, Potret Pendidikan Kita

10
Mahasiswa mampu memahami Pendidikan Profesi Guru
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Profesi Guru
Pendidikan Profesi Guru

Diskusi, Tanya jawab, riset literature
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam

11
Mahasiswa mampu memahami Akreditasi Sekolah dan Madrasah
Mahasiswa  mampu menjelaskan Akreditasi Sekolah dan Madrasah
Akreditasi Sekolah dan Madrasah

Ceramah, tugas kelompok, diskusi, Tanya jawab
Ara Hidayat, Pengelolaan Pendidikan

12
Mahasiswa mampu memahami Fenomena full day school

Mampu menjelaskan Fenomena full day school

Fenomena full day school

Presentasi makalah, Diskusi, problem solving
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam
13
Mahasiswa paham tentang Pendidikan dan kapitalisme
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan dan kapitalisme
Pendidikan dan kapitalisme

Ceramah, Presentasi makalah, Tanya jawab,
Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas
14
Mahasiswa paham tentang Pendidikan anti korupsi

Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan anti korupsi
Pendidikan anti korupsi

Ceramah, Presentasi makalah dan Tanya jawab
Robert Klitgaard, Membasmi Korupsi,

15
Mahasiswa mampu memahami Konversi STAIN ke IAIN/UIN
Mahasiswa mampu menjelaskan Konversi STAIN ke IAIN/UIN

Konversi STAIN ke IAIN/UIN
Diskusi, Tanya jawab, riset literature
Abudin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia
16
UAS






Dosen Pengampu
Mokhamad Miptakhul Ulum, M.Pd.I
Title : Silabus Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan
Description : SILABUS Perguruan Tinggi                     : STAIBN Tegal Jurusan                                    : Tarbiyah Program Studi      ...

0 Response to "Silabus Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan"

Posting Komentar

Contact me

Powered by 123FormBuilder | Report abuse