SILABUS
Perguruan Tinggi :
STAIBN Tegal
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi :
PAI
Nama Mata Kuliah : Isu-isu Kontemporer dalam
Pendidikan
SKS : 2
Semester : Tujuh
Dosen Pengampu :
Mokhamad Miptakhul Ulum, M.Pd.I
A. Deskripsi Mata Kuliah
Pendidikan
adalah upaya sistematis untuk membantu anak agar tumbuh dan berkembang dalam
mengaktualisasikan potensinya. Setiap anak yang tumbuh dewasa mempunyai
kekuatan untuk merubah keadaan masyarakat yang tidak sesuai dengan
prinsip-prinsip atau norma-norma pendidikan. Oleh karena itu tidak ada yang
bisa mengatasi masalah-masalah dalam lingkungan pendidikan kecuali dengan
pendidikan itu sendiri.
Mata
kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang diberikan kepada
mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi Islam. Sesuai dengan namanya bahwa
acuan mata kuliah ini adalah pendidikan dan diperkaya dengan wawasan isu-isu
kontemporer yang terjadi pada masa kini. Untuk mempertajam analisa dan
cakrawala pengetahuan, maka setiap mahasiswa dituntut membuat makalah dan
ditampilkan dalam sesi diskusi.
B. Kompetensi Mata Kuliah
Setelah selesai
mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi:
1.
Mampu menguasai
teori-teori dan konsep-konsep untuk mengatasi masalah isu-isu kontemporer dalam
pendidikan secara komprehensif.
2.
Mampu menggali
wacana kritis mengenai isu-isu kontemporer dalam pendidikan
3.
Mengintegrasikan
wacana isu-isu kontemporer dalam pendidikan dengan kajian Islam
4.
Membentuk kecakapan
partisipatif mahasiswa yang bermutu dan bertanggung jawab dalam
mengkontekstualisasi pendidikan
5.
Membentuk pola
pikir mahasiswa yang kritis, dinamis dan empiris.
C. Strategi Pembelajaran
Kegiatan
perkuliahan mata kuliah isu-isu kontemporer dalam pendidikan akan dilaksanakan
menggunakan beberapa metode pembelajaran dengan memanfaatkan media yang ada,
termasuk tugas-tugas mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan presentasi materi
secukupnya, yaitu dosen menjelaskan materi perkuliahan kepada mahasiswa. Penjelasan
dosen dalam presentasi materi dengan statemen-statemen yang menggugah kepada
interaktif, sehingga mahasiswa bersikap aktif.
-
Metode yang
digunakan dalam pembelajaran:
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Presentasi
Makalah
4. Riset
literature
5. Riset
lapangan
-
Media yang
digunakan dalam pembelajaran:
1. Papan
tulis,
2. Alat
tulis,
3. Naskah
dll
D. Referensi
1.
Zamroni, Paradigma
Pendidikan Masa Depan, Jogjakarta, Gigraf Publishing, 2000
2.
Abdul Wahid, Isu-isu
Kontemporer Pendidikan Islam, Semarang, Need’s Press, 2008
3.
Muhaimin, Rekonstruksi
Pendidikan Islam, Jaakarta, Raja Grafindo Persada, 2009
4.
Abdul Majid dan
Andayani, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung Insan Cita
Utama, 2010
5.
Hasbullah, Otonomi
Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan
Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2006
6.
Mohammad Tidjani
Djauhari, Masa Depan Pesantren: Agenda yang Belum Terselesaikan, Jakarta,
TAJ Publishing, 2008
7.
Ahmad Baedowi, Potret
Pendidikan Kita, Jakarta, Pustaka Alvabet, 2015
8.
Sumardiono, Home
Schooling Lompatan Cara Belajar, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2007
9.
Syaefuddin Saud,
Pengembangan Profesi Guru, Bandung, Alfabeta, 2011
10.
Ara Hidayat, Pengelolaan
Pendidikan, Bandung, Pustaka Educa, 2010
11.
Paulo Freire, Pendidikan
Kaum Tertindas, Jakarta, LP3S, 1972
12.
Robert
Klitgaard, Membasmi Korupsi, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2005
13.
Abudin Nata, Sejarah
Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia,
Jakarta, Grasindo, 2001
14.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif
Islam, Bandung, Remaja Rosda Karya,
2011
E. Penilaian
No.
|
Jenis
Tagihan
|
Bobot
|
1
|
Kehadiran dan partisipasi
|
20
|
2
|
Tugas-tugas
|
20
|
3
|
Ujian Tengah Semester
|
25
|
4
|
Ujian Akhir Semester
|
35
|
Jumlah
|
100%
|
1. Kehadiran
dan Partisipasi
Kehadiran mahasiswa adalah wajib dalam setiap
pertemuan. Kegiatan perkuliahan tanpa kehadiran mahasiswa, tidak akan berjalan
kegiatan belajar mengajar secara aktif. Penilaian tambahan akan diberikan
kepada mahasiswa yang aktif dalam berpartisipasi seperti bertanya, menjawab dan
menyanggah pertanyaan dalam diskusi.
2. Tugas-tugas
Mahasiswa wajib mengerjakan tugas-tugas
yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah ini.
3. Ujian
Tengah Semester / Ujian Akhir Semester
Ini adalah penilaian standar yang
diterapkan pada hampir setiap mata kuliah. Untuk mendapatkan nilai akhir,
mahasiswa wajib mengikuti ujian tengah semester dan akhir semester yang sudah
dijadwalkan. Bagi mahasiswa yang berhalangan mengikuti ujian, wajib memberikan
pemberitahuan sebelum kegiatan ujian berlangsung selambat-lambatnya satu hari
sebelum ujian, jika tidak maka tidak akan diberikan ujian susulan/tugas
pengganti. Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75% tidak diperkenankan
mengikuti UTS dan UAS.
F. Kegiatan Perkuliahan
Tatap Muka
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Referensi
|
1
|
Mahasiswa
memahami dan menyepakati:
1.
Tujuan Perkuliahan
2.
Tugas-tugas
3.
Kriteria Penilaian
4.
Persyaratan mengikuti perkuliahan
|
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan mata kuliah
isu-isu kontemporer dalam pendidikan
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan urgensi mata kuliah
isu-isu kontemporer dalam pendidikan
|
Pengantar,
orientasi perkuliahan Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan, kontrak belajar,
Silabus dan SAP.
|
Perkenalan dan sharing
pengalaman
|
|
2
|
Mahasiswa mampu memahami problematika pendidikan Islam di era global
|
Mendeskripsikan problematika pendidikan Islam di era global
|
Problematika
pendidikan Islam di era global
|
Ceramah, presentasi makalah,
Tanya jawab
|
Zamroni, Paradigma
Pendidikan Masa Depan
|
3
|
Mahasiswa mampu memahami pendidikan Islam berbasis pluralisme
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan Islam berbasis pluralisme
|
Pendidikan islam
berbasis pluralisme
|
Ceramah, Presentasi makalah,
tanya jawab
|
Abdul Wahid, Isu-isu
Kontemporer Pendidikan Islam
|
4
|
Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter perspektif Islam
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan karakter perspektif Islam
|
Pendidikan karakter
perspektif Islam
|
Ceramah, Presentasi makalah,
tanya jawab, riset literature
|
Abdul Majid
dan Andayani, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam,
|
5
|
Mahasiswa mampu
memahami Kajian Kritis Undang-undang
Sistem Pendidikan Nasional
|
Mahasiswa mampu mengkritisi
Undang-undang Sistem
Pendidikan Nasional
|
Kajian Kritis Undang-undang
Sistem Pendidikan Nasional
|
Ceramah,
Presentasi makalah, tanya jawab,
|
Hasbullah, Otonomi Pendidikan:
Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
|
6
|
Mahasiswa mampu
memahami Pesantren dan
Madrasah di Era global
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
Pesantren dan
Madrasah di Era global
|
Pesantren dan
Madrasah di Era global
|
Ceramah,
Presentasi makalah, tanya jawab,
|
Mohammad Tidjani Djauhari, Masa
Depan Pesantren: Agenda yang Belum Terselesaikan
|
7
|
Mahasiswa mampu memahami
Fenomena home
schooling
|
Mahasiswa mampu memahami
Fenomena home
schooling
|
Fenomena home schooling
|
Ceramah, Presentasi
makalah, Tanya jawab
|
Sumardiono, Home
Schooling Lompatan Cara Belajar
|
8
|
UTS
|
||||
9
|
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi Kekerasan
dalam Pendidikan
|
Mahasiswa mampu menjelaskan Kekerasan dalam Pendidikan
|
Kekerasan dalam
Pendidikan
|
Ceramah,
Presentasi makalah dan Tanya
jawab, riset lapangan
|
Ahmad Baedowi,
Potret Pendidikan Kita
|
10
|
Mahasiswa mampu
memahami Pendidikan Profesi
Guru
|
Mahasiswa mampu
menjelaskan Pendidikan Profesi
Guru
|
Pendidikan Profesi
Guru
|
Diskusi, Tanya jawab, riset literature
|
Ahmad Tafsir, Ilmu
Pendidikan dalam Perspektif Islam
|
11
|
Mahasiswa mampu memahami Akreditasi Sekolah dan Madrasah
|
Mahasiswa mampu menjelaskan Akreditasi Sekolah dan Madrasah
|
Akreditasi Sekolah
dan Madrasah
|
Ceramah, tugas kelompok,
diskusi, Tanya jawab
|
Ara Hidayat, Pengelolaan
Pendidikan
|
12
|
Mahasiswa mampu
memahami Fenomena full day
school
|
Mampu menjelaskan
Fenomena full day
school
|
Fenomena full day
school
|
Presentasi makalah, Diskusi,
problem solving
|
Muhaimin, Rekonstruksi
Pendidikan Islam
|
13
|
Mahasiswa paham tentang Pendidikan dan kapitalisme
|
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan dan kapitalisme
|
Pendidikan dan kapitalisme
|
Ceramah, Presentasi makalah,
Tanya jawab,
|
Paulo Freire, Pendidikan
Kaum Tertindas
|
14
|
Mahasiswa paham
tentang Pendidikan anti
korupsi
|
Mahasiswa mampu
menjelaskan Pendidikan anti
korupsi
|
Pendidikan anti
korupsi
|
Ceramah, Presentasi makalah dan
Tanya jawab
|
Robert
Klitgaard, Membasmi Korupsi,
|
15
|
Mahasiswa
mampu memahami Konversi
STAIN ke IAIN/UIN
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan Konversi STAIN ke IAIN/UIN
|
Konversi STAIN ke
IAIN/UIN
|
Diskusi, Tanya jawab, riset
literature
|
Abudin Nata, Sejarah
Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia
|
16
|
UAS
|
|
Dosen Pengampu
Mokhamad Miptakhul
Ulum, M.Pd.I
|
Title : Silabus Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan
Description : SILABUS Perguruan Tinggi : STAIBN Tegal Jurusan : Tarbiyah Program Studi ...
Description : SILABUS Perguruan Tinggi : STAIBN Tegal Jurusan : Tarbiyah Program Studi ...
0 Response to "Silabus Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan"
Posting Komentar